Beranda | Artikel
Tercelanya Pelaku Bidah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Rabu, 28 Mei 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Tausiyah: Tercelanya Pelaku Bid’ah

Bagaimana sangat tercelanya orang-orang yang melakukan perbuatan bid’ah, yaitu perbuatan yang berkaitan dengan perkara agama dan dia serupa dengan apa yang disyariatkan tetapi tidak disyariatkan. Dan tujuan dari mengerjakan perbuatan bid’ah tersebut biasanya adalah terlalu berlebih-lebihan di dalam perkara mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dan tema ini nantinya akan membicarakan siapa saja yang ditegaskan di dalam Al-Qur’an ataupun di dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang wanita-wanita yang dimasukkan ke dalam neraka Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mari kita simak ceramah agama ini sebagai jalan tazkiyatun nufus bagi diri kita, saudara dan keluarga kita, dan saudara Muslimin seluruhnya.

Seluruh kaum Muslim pasti bersepakat bahwa agama Islam adalah agama yang telah disempurnakan oleh Allah. Pasti bersepakat tentang hal ini, dan saya (Ustadz Ahmad Zainuddin–Ed) jamin tidak ada yang menyelisihi akan hal ini. Artinya, saya dan seorang pun dari kaum Muslim tidak akan mungkin berbeda pendapat dalam perkara ini, yaitu bahwa agama Islam telah sempurna dengan seluruh makna kesempurnaannya. Sempurna benar-benar sempurna, tidak butuh tambahan dan tidak butuh pengurangan, tidak butuh perbaikan dan tidak butuh renovasi. Benar-benar sempurna… Hal ini berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Surat Al-Maidah, ayat ke-3:

… الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ … (ر: ٣)

“… Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu, …” (QS Al-Maidah [5]: 3)

Ingat yang berfirman ini adalah Rabb kita, Allah ‘Azza wa Jalla. Bahwasanya Allah telah menyempurnakan agama kita.

… وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي …

“… dan telah Ku cukupkan kepadamu ni’mat-Ku, …” (lanjutan ayat di atas, QS Al-Maidah [5]: 3)

Karena agama Islam (telah) sempurna, maka dari itu, Allah mengatakan:

… وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً …

“… dan telah Ku ridhai Islam itu jadi agama bagimu. …” (lanjutan ayat di atas, QS Al-Maidah [5]: 3)

Al-Imam Ibnu Katsir rahimahullahu Ta’ala menegaskan di dalam tafsirnya tentang kesempurnaan Islam:

هذه أكبر نعم الله عز وجل ، على هذه الأمة حيث أكمل تعالى لهم دينهم ، فلا يحتاجون إلى دين غيره ، ولا إلى نبي غير نبيهم ، صلوات الله وسلامه عليه ; ولهذا جعله الله خاتم الأنبياء ، وبعثه إلى الإنس والجن ، فلا حلال إلا ما أحله ، ولا حرام إلا ما حرمه ، ولا دين إلا ما شرعه ، وكل شيء أخبر به فهو حق وصدق لا كذب فيه ولا خلف ، كما قال تعالى :

“Ayat ini merupakan nikmat Allah ‘Azza wa Jalla yang terbesar atas umat ini (umat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam), yang mana Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menyempurnakan bagi mereka agama mereka. Maka umat Islam tidak membutuhkan ajaran selain Islam, tidak membutuhkan seorang Nabi pun selain Nabi mereka (yaitu Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Oleh karenanya, Islam sempurna, tidak butuh tambahan dan tidak butuh pengurangan, tidak butuh masukan dan tidak butuh perbaikan, maka Allah menjadikan Nabi kita sebagai penutup para Nabi dan diutus kepada seluruh makhluk, jin dan manusia, maka tidak ada sesuatu yang halal pun kecuali apa yang telah dihalalkan (oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam agama Islam) dan tidak ada sesuatu yang haram pun kecuali apa yang telah diharamkannya. Dan tidak ada agama, tidak ada tata cara beribadah, apa pun bentuknya, kecuali yang disyariatkan olehnya. Maka seluruh yang diberitahukan oleh Rasulullah itu adalah benar adanya, nyata, tidak ada dusta, dan tidak ada pengingkaran di dalamnya. Sebagaimana firman Allah Ta’ala:”

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدْقاً وَعَدْلاً … (الأنعام: ١١٥)

Benar-benar sangat menarik ceramah agama ini untuk Anda download. Pembahasan masih panjang, dan insya Allah manfaat yang dapat dipetik amatlah banyak.

Download Tausiyah: Ustadz Ahmad Zainuddin – Tercelanya Pelaku Bid’ah

Yuk kita download ceramahnya dan bagikan tautannya ke Facebook, Twitter, dan Google+, insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kita sebagai amal shalih.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6710-tercelanya-pelaku-bidah-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/